Monday 7 October 2013

Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya


Posted by: admin // 08:31 | Kategori: perawatan rambut

Rambut Rontok.jpg
Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya - Bagi kaum hawa rambut merupakan mahkota yang sangat berharga. Namun bagaimana rasanya kalau rambut tersebut mengalami kerontokan?

Pastinya sangat menyebalkan dan merasa risih karena rontok tidak karuan terlebih lagi apabila rambut tersebut jatuh di makanan yang membuat selera makan kita menjadi berkurang.

Oleh sebab itu kita harus mengetahui apa penyebab rambut tersebut bisa rontok dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Faktor Keturunan
Rambut rontok dari faktor genetis (keturunan) yang disebabkan oleh hormon androgen/ DHT/ dihydrotestosterone membuat folikel rambut menyusut menjadi tipis dan tidak dapat memproduksi rambut baru dengan baik.

2. Obat- obatan dosis tinggi
Mengkonsumsi obat- obatan dan vitamin dengan dosis tinggi dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Contoh obat yang dapat membuat rambut rontok antara lain obat kanker, vitamin A, retinoid, talium, antidepresan, diuretik, dan pil Rx.

3. Auto-immune
Rambut rontok yang disebabkan oleh auto-immune ditandai dengan bintik- bintik berbentuk lingkaran. Namun kerontokan ini bersifat sementara dan tumbuh dapat tumbuh kembali apabila auto-immune telah hilang.

4. Anemia
Anemia sendiri disebabkan oleh kurangnya zat besi pada sel darah merah. Apabila hal ini terjadi maka akan mengganggu kesehatan folikel rambut.

5. Stress
Kondisi stres yang tinggi membuat kerontokan rambut di beberapa minggu kemudian. Dan biasanya kehilangan rambutnya bisa merata di kepala.

6. Kekurangan kalori
Diet rendah kalori akan membuat dampak yang buruk tehadap rambut anda. Rambut membutuhkan kalori yang cukup untuk tumbuh secara sehat.

7. Rebonding dan bahan kimia
Pewarnaan rambut dan rebonding yang menggunakan bahan kimia akan membuat rambut menjadi rusak. Terlalu sering menyisir rambut dengan sisir bergerigi rapat, sering mencuci rambut, dan sering mengikat rambut dengan ketat juga menjadikan salah satu penyebabnya mengapa rambut menjadi gampang rontok.

Tips cara mengatasi rambut rontok secara tradisional dan alami


1. Lidah Buaya
Lidah buaya bagus untuk pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin dan mineral. Potong lidah buaya kemudian oleskan lendirnya ke rambut dan pijat- pijat sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Daun seledri
Dengan kandungan kalsium, vitamin A, vitamin B, natrium, dan zat besi pada daun seledri membuat rangsangan pada rambut agar dapat tumbuh kuat, sehat, dan berkilau. Haluskan seledri yang dicampur dengan telur menggunakan blender. Kemudian oleskan pada rambut dan pijat- pijat sampai kurang lebih setengah jam, kemudian bila dengan air bersih.

3. Minyak zaitun
Oleskan minyak zaitu ke kulit kepala lalu pijat- pijat. Kemudian tutup kepala menggunakan shower cap selama 1 jam. minyak zaitun dapat diganti dengan minyak kelapa atau canola.

4. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang secara alami dapat mencegah kerontokan, Balurkan kurang lebih 2 bungkus teh hijau yang telah diseduh dengan air hangat. Pijat- pijat dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Selain itu hindari kebiasaan yang tidak baik yang dapat membuat rusaknya rambut, gunakan sisir yang bergerigi jarang agar rambut tidak kusut saat dibilas.

Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya
Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya IdeRambut
By:
Published:
Rating Artikel : 5 rates
Jumlah Voting : 160 Orang Total time:

Link Url: http://iderambut.blogspot.com/2013/10/penyebab-rambut-rontok-dan-cara.html